Troubleshooting : Komputer Tidak Mau menyala

Beberapa hal kenapa komputer tidak mau menyala :

  • Memory yang lemah

pada saat di restart komputer akan menjalankan beberapa aplikasi otomatis seperti windows explorer, antivirus,dsb. Mungkin juga karena OS yang kita pakai terlalu berat. Terkadang muncul layar biru dan ada tulisan ‘memory dump’. Jika masih sanggup masuk ke windows, biasanya PC sering hang.

Solve: mengganti atau memperkuat memory PC kita. cara lain yang bisa dilakukan agar PC tetap bisa dipakai yang mengganti sementara RAM dengan RAM yg lebih tinggi. Setelah desktop terlihat/tampil, hapuslah beberapa aplikasi otomatis yang tidak diperlukan. Jika memang diperlukan, re-instal PC dengan OS yg lebih rendah. 

  • Terdapat setting pada BIOS yang tidak sesuai,

Solve: mereset setting pada BIOS. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 10 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.

  •  Virus

Ada banyak jenis virus yang mengakibatkan lambatnya kinerja RAM. hal ini menyebabkan PC tidak sanggup melakukan booting. Terlalu banyak proses oleh virus. Virus juga dapat memperbanyak diri sehingga anda jgn heran jika kapasitas free hD anda bisa tiba-tiba hanya 0 bytes

Solve: gantikan sementara RAM anda dengan RAM yang lebih besar kapasitasnya/kecepatannya (pinjam aja!) . Setelah proses normal selesai dan window tampil seperti biasa, segera update antivirus anda kemudian scan komputer anda.

  • Muncul bunyi “Beeepp” yang panjang.

Hal ini menandakan adanya yang salah pada Hardware.

Solve: coba buka casing CPU dan periksalah apakah ada hardware, terutama HDD dan RAM yang rusak atau terbakar. Jika ada yang rusak/terbakar, sudah pasti jalan satu-satunya adalah beli yang baru atau second tapi masih bagus. Lalu periksa apakah ada hardware seperti HDD atau RAM yang tidak pas pada tempatnya, kurang kokoh, dsb. Jika ada, perbaiki dengan melepas dan kemudian memasangnya kembali dengan benar. Biasanya pada saat dipasang selalu muncul bunyi ‘klik’ yang menandakan sudah terpasang dengan benar.

Jika memungkinkan cobalah pasang silang salah satu hardware PC ke komputer lain. Hingga dapat diketahui HW yang rusak.

  • Prosessor kepanasan

Ketika komputer bekerja dengan keras mungkin lagi membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka prosesor yang dikatakan sebagai otak ini akan bekerja extra keras, nah didalam prosesor ini terdapat system untuk menyelamatkan prosesor itu sendiri ketika dalam kondisi temperatur tertentu dengan merestart komputer tersebut, lalu bagaiamana cara untuk mengatasinya ?

  1. anda bisa mengecek temperatur komputer pada BIOS, atau anda bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dari komputer seperti CPUID
  2. Anda cek untuk bagian Fan Prosesor, apakah perputarannya pelan, karena jika perputarannya pelan maka temperatur prosesor akan mudah panas dan otomatis komputer restart, anda bisa menyemprotkan cairan anti karat dibagaian dinamo dari fannya yang seperti biasanya saya lakukan :D
  3. Anda lihat apakah pada sirip sirip pendingin prosesor tersebut itu banyak debu debunya yang mengakibatkan temperaturnya mudah panas .
  4. sudah keringannya pasta prosesor yang ada diatas prosesornya, ini juga yang akan menyebabkan prosesor cepat panas, anda bisa memberikan pasta prosesor biasanya disebut iso thermal, atau bisa pakai cara yang lebih extrem pakai pasta gigi cara ini juga bisa cuma tidak disarankan karena lama lama akan mengalami penggumpalan ketika lama digunakan.
  5. anda bisa meletekkan komputer anda diruangan yang berAC ya sedikit banyak akan memberikan menurunkan temperatur dari prosesor ketika prosesor mulai memanas :D
  • Power Supply turun daya

Hal seperti ini biasa sangat sering terjadi, biasanya seperti ini ketika menyalakan komputer, pada waktu bios loading windows itu komputer bisa berjalan normal, tetapi ketika masuk ke windows yang terjadi adalah komputernya restart, apa yang terjadi ?
logikanya seperti ini, ketika komputer masuk ke bios dan loading windows itu daya listrik yang diminta masih belum banyak, tetapi ketika masuk ke dalam windows pastinya banyak program yang dijalankan dan pastinya akan meminta asupan listrik yang cukup banyak, dan ketika power suply sudah menurun dayannya yang terjadi power supply tidak dapat memberikan permintaan listrik ke komputer akhirnya restart, jadi sebaiknya untuk keperluan komputer saat ini anda bisa pakai yang 500 watt saja.

  • VGA rusak

jika anda yang pakai VGA Card anda bisa juga untuk mengecek komponen yang satu ini, beberapa vga card yang ada kipasnya, bisa anda lihat kipasnya itu mungkin pergerakannya melambat mungkin karena kotor, bisa anda bersihkan hal ini juga berpengaruh kawan.

  • Harddisk Rusak

Ada kemungkinan juga ada badsector di harddisk anda yang menyebabkan komputer anda tidak maksimal dalam pembacaan data yang menyebabkan komputer restart, lalu bagaimana cara mengatasinya ?? anda bisa melakukan checkdisk atau melakukan defragment pada harddisk anda.

  • RAM rusak

Kemungkinan juga bisa terjadi, karena ketika ram dalam keadaan rusak maka komputer dalam menjalankan program tidak bisa maksimal yang menyebabkan komputer akan melakukan restart, atau malam di beberapa contoh permasalahan ketika ram rusak komputer tidak akan bisa menyala. coba untuk mengganti ram anda atau mungkin membersihkan ram anda dengan cara membersihkan bagaian kuningannya dengan penghapus pensil.

  • Kabel harddisk tidak stabil

Ya yang ini adalah pengalaman yang sering saya temui biasanya terjadi di harddisk dengan kabel sata, ketika kabel datanya rusak atau kurang berfungsi, maka komputer akan bisa restart, bagaimana bisa terjadi seperti berikut ini, menurut pemikiran yang saya tangkap ketika si komputer booting di os dia punya batas maksimal loading, jadi ketika kabel yang digunakan kurang maksimal dalam penyampaian data yang bisa menyebabkan loading yang lama dan akhirnya bisa restart itu komputer.

 

Bagaimana bila tombol power sudah di tekan tapi komputer tetap tidak mau hidup?

Permasalahan ini terjadi ketika Anda menekan tombol power untuk mengaktifkan atau menghidupkan PC, tetapi PC tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Jika hal ini terjadi pada PC Anda, ada beberapa kemungkinan yang harus diperiksa satu per satu secara bertahap dengan langkah-langkah berikut.

Memeriksa kelistrikan
  1. Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power suply sudah terpasang dengan baik?
  2. Jika Anda menggunakan UPS (Uniterruptable Power Supply) dan stabilizer AVR (Automated Voltage Regulator), pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berfungsi dengan baik.
  3. Jika hal tersebut bukan penyebabnya, kemungkinan berikutnya adalahpada  PC Anda. Sekarang lakukan pemeriksaan pada PC.
Pengecekan komponen PC
  1. Pastikan kabel power yang terpasang ke soket power pada mainboard terpasang dengan baik. Coba Anda tekan-tekan konektor power yang terpasang ke soket power suply.
  2. Jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yang terhubung ke tombol power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya di motherboard
  3. Pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, dengn melakukn pengetesan pada CPU lain.
  4. Jika ternyata power supply dalam keadaan baik (melalui pengetesan) dan semua kabel sudah benar, berarti yang perlu diperiksa adalah motherboard dan prosesor. Coba pasangkan prosesor Anda pada CPU lain yang sejenis dengan CPU Anda. Perhatikan, apakah CPU dapat dihidupkan? Jika CPU tersebut dapat hidup, berarti kerusakan hanya pada motherboard. Namun, jika memang tidak dapat hidup, berarti prosesor mengalami kerusakan.
  5. Biasanya hal seperti ini diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada motherboard, yang bersangkutan dengan catu daya. Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada teknisi yang sudah ahli.
Lalu apabila kipas HD terdengar suara nya tapi layar monitor tetap gelap?
Setidaknya permasalahan ini sedikit lebih baik daripada masalah PC mati. Ikuti langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.
1.  Lepas semua kabel yang terhubung pada CPU.
2. Buka casing CPU.
3. Lepas RAM (memory) yang terpasang pada slot DIMM. Jika Anda menggunakan 2 keping RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, bisa saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada konektor RAM. Setelah itu pasang salah satu RAM saja dan hidupkan komputer
4. Jika langkah 3 bisa mengatasi masalah, lanjutkan dengan memasang keping RAM yang satu lagi. Jika dengan memasang RAM yang kedua komputer kembali mendapatkan masalah, berarti salah satu RAM Anda mengalami kerusakan. Lepas kembali RAM tersebut dan pasang satu keping RAM saja.
5. Jika dengan langkah 3 dan 4 masalah tidak teratasi, lakukanlah langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jika Anda menggunakannya, lepas VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA seperti pada saat membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, setelah itu hidupkan komputer.
6. Jika langkah 5 sudah dilakukan dan masalah belum teratasi, coba lepas semua hardware eksternal yang terpasang, seperti modem, sound card eksternal, ethernet card eksternal, dan komponen lainnya jika ada. Sisakan yang terpasang pada mainboard hanya VGA card eksternal dan RAM saja, kemudian hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer bisa normal kembali, kerusakan terdapat pada hardware yang Anda lepas tadi. Untuk mengetahui hardware mana yang rusak, coba pasang kembali hardware yang dilepas tadi satu per satu. Pada saat komputer error lagi ketika memasang salah satu hardware, berarti hardware tersebutlah biang keladinya. Ganti saja dengan hardware yang baru.
7. Jika langkah 6 juga tidak memberikan hasil, berarti masalah terletak pada prosesor atau bahkan motherboard Anda. Namun untuk memastikan kerusakan prosesor atau motherboard, ada baiknya Anda mengetes VGA card eksternal dan RAM Anda di CPU lain yang memakai VGA card dan RAM yang sejenis dengan milik Anda. Jika ternyata RAM dan VGA card Anda berjalan normal pada CPU lain, Anda bisa mengetes prosesor pada CPU lain yang sejenis. (sekadar memastikan kerusakan prosesor). Jika memang prosesor Anda error, sebaiknya Anda membeli prosesor baru. Namun, jika prosesor Anda berjalan normal pada CPU lain, berarti ada kerusakan pada motherboard. Anda boleh mendatangi klinik komputer untuk memperbaikinya atau bisa membeli motherboard baru.

sumber: http://firmanhendrad.wordpress.com/2013/03/29/tips-mengatasi-komputer-yang-tidak-mau-menyala-atau-monitor-tidak-nyala/ , http://informasi-power-pc.blogspot.com/p/memperbaiki-komputer-yang-tidak-bisa.html

About these ads

2 thoughts on “Troubleshooting : Komputer Tidak Mau menyala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s