Wayang Cina Jawa

Kalender di rumah saya nampilin gambar wayang cina jawa buat profil di bulan Januari dan Februari. Saya lihat wayang di gambar itu sangat menarik🙂 Nah akirnya saya coba cari tau.

Menurut KBBI, wayang (wa.yang n) adalah  1 boneka tiruan orang yg terbuat dr pahatan kulit atau kayu dsb yg dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dl pertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dsb), biasanya dimainkan oleh seseorang yg disebut dalang; 2 pertunjukan wayang (selengkapnya); 3 ki pelaku (yg hanya sbg pelaku, bukan sbg perencana); orang suruhan yg harus bertindak sesuai dng perintah orang lain: penembak calon presiden itu hanya — bukan dalangnya4 bayang-bayang;

Pengertian wayang lainnya saya dapetin di http://pengertianwayang.blogspot.com/ ,

Dalam bahasa Jawa, kata wayang berarti “bayangan”.  Jika ditinjau dari arti filsafatnya, “wayang” dapat diartikan sebagai bayangan atau merupakan pencerminan dari sifat-sifat yang ada dari dalam jiwa manusia.  Sifat-sifat yang dimaksud antara lain seperti watak angkara murka, kebajikan, serakah, dan lain sebagainya.

Wayang dimainkan oleh seorang dalang yang dibantu oleh beberapa orang penabuh gamelan dan satu atau dua orang waranggana sebagai vokalisnya.  Fungsi dalang di sini adalah mengatur jalannya pertunjukan secara keseluruhan.  Dalang memimpin semua komponen pertunjukan untuk luluh dalam alur ceritera yang disajikan.

Oh, ternyata itu pengertiannya. Ohya,  wayang itu ada banyak jenisnya.. ada

— beber wayang berupa lukisan yg dibuat pd kertas gulung, berisikan cerita inti dr lakon yg akan dikisahkan oleh dalang, dimainkan dng cara membeberkannya;
— gambar gambar hidup; bioskop;
— gelap wayang gambar;
— golek wayang yg dibuat dr kayu, biasanya berupa anak-anakan atau boneka kayu;
— kelitik wayang yg terbuat dr kayu;
— kulit wayang yg terbuat dr kulit;

dan masih banyak lagi. kamu bisa lihat di http://kbbi.web.id/wayang . Ternyata ada 2 wayang Cina, yaitu wayang makao dan wayang potehi.

Mencari tau tentang wayang makao di internet sepertinya agak sulit karena referensi yang muncul malah nama jalan, nama restoran, sampe nama tim olahraga. -,- . sedangkan kalo wayang potehi bisa dengan mudah dicari tau, bahkan ada di wikiped.

Wayang potehi adalah jenis wayang Tionghoa yang berasal dari Tiongkok bagian selatan. Jadi, kesenian ini diinfluencekan oleh etnis Tionghoa dan jadi kesenian tradisional Indonesia.

seperti boneka ya? Keliatannya begitu karena wayang ini terbuat dari kain.

Sejarah wayang potehi agak agak gimanaaa gituu.. jadi dikisahkan ada 5 tahanan yang dijatuhi hukuman mati. 4 orang diantara mereka larut dalam sedih, tapi yang satunya lagi punya ide untuk menghibur diri mereka sendiri. Pake apan? Mereka bikin piring sama panci buat ditabuh-tabuh, jadi alat music buat ngiringin permainan wayang mereka. Bunyi-bunyian yang mereka buat terdengar sama kaisar, kaisar suka dan akirnya memberi mereka pengampunan. Wowww….

Nah, kalo wayang Cina Jawa sedikit berbeda dari wayang Cina. Wayang Cina Jawa berbentuk seperti wayang biasa, terbuat dari kulit kerbau, tapi tetep karakternya dari etnis Tionghoa. Kisah yang dipentaskan asalnya dari komik komik kisah Cina. Satu wayang Cina Jawa bisa dijadiin banyak karakter karena kepala wayang bisa diganti ganti sesuai lakon yang mau ditampilin. Hal ini yang bikin cuman sedikit dari wayang Cina Jawa yang punya nama. Saat ini koleksi wayang Cina Jawa cuman bisa kamu lihat di 2 museum aja, Museum Sonobudoyo di Yogyakarta dan Museum Uberlingen di Jerman.

ini salah satu koleksi wayang Cina Jawa. Keliatan kan bedanya sama wayang Potehi yang di atas?

Wayang termasuk karya seni yang menakjubkan. Jaman dulu, jaman jaman belum ada tv, suatu kisah bisa direpresentasikan dengan elok dalam pentas wayang. Bisa dibayangkan andalnya seorang pemain wayang.. memegang wayang yang berbeda-beda karakter dan pastinya seorang pemain wayang harus andal membuat suara yang beda- beda sesuai karakter yang sedang ia perankan.  Salutlah!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s